UMKM Manding terdampak Covid-19

Posted by
Spread the love

Warto Mbantul__UMKM Setyo Rukun Manding (Perkumpulan Pengrajin) Sabdodadi, Bantul yang bergerak dalam bidang Kerajinan Kulit.

Sebagai Ketua UMKM Setyo Rukun adalah Purwadi, alamat Dsn. Manding Rt 05 Sabdodadi, Bantul, Sekrataris Nining dan Bendara Sitinggalwati.

UMKM Setyo Rukun mengadakan Pertemuan Rutin setiap Malam Kamis Wage rutin dengan agenda adalah Silaturahmi serta membahas Perkembangan dan Kendala yang dihadapi oleh UMKM serta bahasan umum yang baru trend.

Jumlah UMKM Setyo Rukun adalah 31/ 32 UMKM dengan anggota lokal warga Manding Bantul yang bergerak dalam bidang kerajinan Tas, sepatu, jaket, dompet dari kulit dll.

Bahan baku kulit UMKM diperoleh dari daerah Magetan, Jawa Timur dan ada orang Magetan yang tinggalndi Manding yangbmengkoordinir dalam pembeliannya.

Produk UMKM ini selaian dijual di Gerai/ Toko mereka, juga dikirim ke Bali, Jakarta, Bandung dll bahkan ada yang dikirim keluar negeri/ Eksport.

Setiap UMKM rata-rata memiliki karyawan 4-6 orang dan bekerja dari pukul 08.00 Wib s.d 16.00 Wib. Bahwa pada saat wabah Virus Corono ini karena tidak ada orderan sama sekali maka untuk sementara karyawan dirumahkan dahulu dan tidak mendapatkan gaji, kalau situasi sudah stabil seperti semula jika belum memiliki pekerjaan mereka akan didirima lagi sebagai karyawan.

Tidak semua anggota UMKM mempunyai Gerai/ Toko dipinggir Jl. Manding, namun hanya beberapa saja dan Gerai mereka tetap buka saat ini namun ada beberapa yang merumahkan karyawan Gerainya.

Terkait adanya Wabah Virus Corana ini belum ada kebijakan dari Pemerintah Desa maupun Pusat terkait untuk UMKM.

Hampir semua UMKM memiliki pinjaman dari Bank/ Kredit, sampai dengan saat ini belum ada kebijakan yang turun tentang nasib angsuran mereka karena dari pihak Bank belum ada perintah dari Pusat, sedangkan UMKM tidak ada pendaoatan untuk angsurannya.

Harapan UMKM secara umum adalah : Untuk pinjaman dari Bank kalo bisa angsurannya ditangguhkan dengan adanya Wabah Virus  ini dan berharap tidak ada perbedaan besar kecilnya pinjaman (semua pinjaman dengan rentang waktu lk 1 th). Bagi para perantau agar tidak mudik dahulu sehingga Wabah ini tidak tersebar sampai dengan kedaerah-daerah dan mematuhi semua himbauan dari Pemerintah, biar wabah ini segera berakhir (u5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *