PANTAS 115 MENOLAK KONFLIK SOSIAL, DUKUNG PENCEGAHAN COVID-19 DAN PILKADA DAMAI

Posted by
Spread the love

Warto-Mbantul.Com__Konflik sosial adalah perubahan perilaku dalam kehidupan masyarakat akibat adanya suatu masalah yang terjadi diantara dua pihak atau lebih yang mengakibatkan berkurangnya rasa persatuan dan kesatuan. Salah satu konflik sosial yang terjadi saat ini adalah adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh elemen buruh dan mahasiswa di berbagai wilayah termasuk di wilayah Kabupaten Bantul untuk menolak UU Cipta Kerja. Beberapa mahasiswa dari Universitas yang berada di Wilayah Kabupaten Bantul juga ikut melakukan aksi unjuk rasa di beberapa titik di wilayah Jogjakarta. Aksi unjuk rasa tersebut di nodai dengan aksi anarkis pada hari Kamis tanggal 08 Oktober 2020 di sekitaran gedung DPRD DIY yang mengakibatkan kerusakan fasilitas umum, fasilitas pemerintah dan tempat usaha milik masyarakat serta mengakibatkan beberapa aparat dan masyarakat mengalami luka-luka.

Di wilayah kecamatan Pundong Bantul terdapat suatu komunitas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan yang bernama Pantauan Pantai Selatan 115 (PANTAS 115), sesuai dengan namanya komunitas tersebut melakukan kegiatan di wilayah pantai selatan Kabupaten Bantul akan tetapi apabila masyarakat di daerah lain membutuhkan bantuan maka PANTAS 115 selalu siap.
“Dari kami keluarga besar Pantas 115 tentunya siap bilamana nantinya dibutuhkan untuk masyarakat 24 jam penuh, kami siap untuk itu bilamana nantinya dibutuhkan untuk kegiatan apapun dari segi sosial kami siap” kata Suyoto selaku ketua Komunitas PANTAS 115.

Selain kegiatan sosial kemasyarakatan, komunitas PANTAS 115 juga siap mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan mengajak internal komunitas PANTAS 115 maupun masyarakat umum lainnya agar tetap mematuhi protocol kesehatan dan mendukung aparat Kepolisian dalam hal ini Polres Bantul untuk mencegah aksi konflik sosial dalam bentuk apapun yang mengarah ke tindakan melanggar hukum.
“Anggota relawan Pantas 115 mengajak semua elemen masyarakat termasuk dari kami keluarga Pantas 115 terutama, dengan adanya Covid-19 untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan menolak hal-hal yang dapat memicu konflik sosial” sambung Suyoto

Dalam pesta demokrasi Pilkada Bantul tahun 2020 komunitas PANTAS 115 siap mendukung kelancaraannya.
“Terkait Pilkada Kabupaten Bantul yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember tahun 2020, kami mendukung sepenuhnya dan siap membantu untuk lancarnya, terlaksananya Pilkada aman dan damai” pungkas Suyoto(U4)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *