PAGUYUBAN PENAMBANG PASIR BAROKAH MENDUKUNG SITUASI KAMTIBMAS TETAP KONDUSIF

PAGUYUBAN PENAMBANG PASIR BAROKAH MENDUKUNG SITUASI KAMTIBMAS TETAP KONDUSIF
Spread the love

Warto-Mbantul.Com_Di Bantaran Sungai Progo khususnya wilayah Dusun Kayuhan Kulon Kalurahan Triwidadi Pajangan Bantul, terkandung Sumber Daya Alam (SDA) berupa pasir dan batu yang memiliki kwalitas baik untuk material bangunan. Melimpahnya sumber daya alam tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Kayuhan Kulon sebagai sumber mata pencaharian berupa penambangan pasir manual.

Untuk menjaga supaya lingkungan tidak rusak meski di lakukan aktifitas penambangan maka warga sepakat bahwa hanya melakukan penambangan secara manual dan tidak menggunakan alat berat ” ujar Riyanto selaku Ketua paguyuban penambang pasir Barokah Dusun Kayuhan Kulon.

Menurut keterangan dari Riyanto bahwa aktifitas penambangan di Dusun Kayuhan Kulon sudah dilakukan sejak tahun 80 an, namun pembentukan paguyuban baru dilakukan pada tahun 2012 dengan jumlah anggota sebanyak 170 orang, dimana salah satu tujuan pembentukan paguyuban penambang pasir Barokah diantaranya untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antar penambang pasir.

Ia juga menyampaikan bahwa warga yang tergabung dalam paguyuban penambang pasir sepakat untuk tetap guyub rukun dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.